Skip to main content

Apa Saja Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana Kantor

Peralatan/Perlengkapan kantor (office supplies)
Peralatan/perlengkapan adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesei lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik. Peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi dua, yaitu : 
Paralatan/perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya ;
Dilihat dari bentuknya, peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi tiga, antara lain :

Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk lembaran
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk lembaran/helaian, yaitu kertas HVS, kertas folio bergaris, kertas karbon, kertas stensil, Formulir, Kop Surat, Plastik Transparan, Kertas Karton, Kertas Buffalo, Amplop dan Map.

Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk nonlembaran
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk nonlembaran (bukan berupa kertas lembaran), yaitu pulpen, pensil, spidol, penghapus, penggaris, rautan, gunting, pemotong kertas (cutter), pembuka surat (letter opener), pelubang kertas dll.

Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk buku, antara lain :
Buku catatan (block note), yaitu buku untuk menulis catatan harian sekretaris.
Buku pedoman organisasi, yaitu buku panduan tentang informasi yang berkaitan dengan organisasi, mulai sejarah, struktur, produk dan jasa, hingga prosedur kerja.
Buku tamu, yaitu buku yang digunakan untuk mencatat tamu yang datang ke perusahaan.
Buku agenda surat, yaitu buku yang mencatat keluar masuknya surat sehari-hari.

Peralatan/Perlengkapan kantor dilihat dari Penggunaannya ;
Dilihat dari penggunaannya, peralatan/perlengkapan kantor dapat dibedakan menjadi dua, antara lain :
Barang habis pakai
Barang habis pakai adalah barang/benda kantor yang pengguanaannya hanya satu/beberapa kali pakai atau tidak tahan lama. Contoh : kertas, tinta, karbon, klip, pensil dan pulpen.

Barang Tidak Habis Pakai
Barang yang tidak habis pakai adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan lama. Contoh : stapler, perforator, cutter, dan gunting.

Mesin-Mesin Kantor (office machine)
Mesin-mesin kantor (office machine) adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh : komputer, laptop, LCD, mesin tik manual dan elektrik, mesin fotocopy dll.

Mesin Komunikasi Kantor
Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi, baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi. Contoh : telepon, interkom, faksimile dan telepon wireless.

Perabot kantor (office furniture)
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contoh : meja, kursi, sofa (meja dan kursi untuk tamu), rak buku, lemari, papan tulis dll.
Recent Post

Comments

Popular posts from this blog

Surat Permohonan Penutupan Rekening Bank BRI

Jika rekening bank akan ditutup terlebih dahulu kita mengajukan Surat Permohonan Penutupan Rekening , yang di tanda tangani oleh pemohon. Disini kami berikan contoh Surat Permohonan Penutupan Rekening Bank BRI, kalau yang mengajukan atas nama perusahaan harus memakai kop surat perusahaan dan untuk perorangan cukup dengan kertas biasa saja. Untuk contoh bisa di lihat pada gambar di bawah.






Icon Untuk Membuat Denah Lokasi Undangan

Icon Untuk Membuat Denah Lokasi Undangan - Untuk membuat denah lokasi acara pesta perkawinan untuk memudahkan para undangan menemukan lokasinya perlu menambahkan icon gedung, pertokoan, pom bensin, jembatan, masjid dan lain-lainya. Berikut Icon yang diperlukan untuk denah.





























Itulah Icon untuk membuat denah lokasi undangan.
Contoh Denah  :
DenahMesjid Agung Sunda KelapaDenahHotel Kharisma Jakarta Selatan

Desain Majalah Tugas Sekolah Contoh Layout Majalah Kuliner Menyusun Majalah Cetak Majalah

TUGAS KAMPUS "MEMBUAT MAJALAH KULINER"
Bagi kamu yang ingin mempublikasikan hasil karya dalam bentuk Majalah sebelum majalah tersebut di cetak terlebih dahulu di Layout dengan sebagus mungkin. Berikut ini merupakan Contoh Layout majalah yang bertemakan tentang makanan.
Tanpa cerita begitu panjang langsung aja ke gambar layout Majalah Kuliner yang terdiri dari 52 halaman ukuran 21 x 29,7 (A4)  mulai dari cover depan, Isi,  sampai cover belakang.

Cover depan berisikan Tanggal Penerbitan , Edisi, Judul dan Berita Utama yang tercakup dalam majalah.
Halaman dibelakang cover







Copyright © Audyfa Printing . All rights reserved.