Langsung ke konten utama

Arti Lambang Universitas Indonesia (UI)

Sejarah Perguruan Tinggi dan Arti Lambang Universitas  Indonesia (UI)


Arti Lambang Universitas Indonesia
Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari DepokJawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Arti Lambang

Lambang UI diciptakan pada tahun 1952 oleh Sumartono (menggunakan nama alias Sumaxtono), mahasiswa jurusan Seni Rupa di Fakulteit Teknik, Universitas Indonesia Bandung. Desain Sumaxtono terinspirasi dari kala-makara (Kala dan Makara masing-masing adalah tokoh dalam mitologi Hindu), salah satu dekorasi dalam banyak candi Hindu di Indonesia. Dalam dekorasi candi, Kala berada di atas dan Makara berada di bawah pada bagian pintu masuk yang mengindikasikan kala sebagai kekuatan di atas (kekuatan matahari) dan makara sebagai kekuatan di bawah (kekuatan bumi). Kedua kekuatan itu dipadukan dan distilir Sumaxtono menjadi makara yang melambangkan Universitas Indonesia sebagai baik sumber ilmu pengetahuan, maupun hasilnya, yang menyebar ke segala penjuru.
Secara keseluruhan, lambang UI menggambarkan Pohon Ilmu Pengetahuan yang tumbuh subur karena air yang mengalir terus-menerus dari bawahnya. Pohon berikut cabang dan kuncup melambangkan ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya, sementara kuncup suatu saat akan mekar dan menjadi cabang ilmu pengetahuan baru. Kuncup-kuncup itu akan senantiasa mekar selama pohon ilmu pengetahuan itu hidup. Dengan demikian, Sumaxtono ingin menyatakan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Bagian-bagian dalam lambang UI.
Makara yang mengalirkan air melambangkan hasil yang memancar ke segala penjuru. Makna yang diberikan Sumaxtono adalah Universitas Indonesia sebagai sumber ilmu pengetahuan, akan menghasilkan sarjana-sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat, dan mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, di mana pun mereka berada.
Rancangan desain berikut maknanya diperlihatkan oleh Sumaxtono kepada Srihadi Soedarsono (mahasiswa Seni Rupa FT-UI, Bandung Angkatan 1952) pada tahun 1952. Hanya saja, tidak diketahui kapan dan siapa yang mengesahkan lambang UI tersebut. Buku pertama yang menggunakan lambang Universitas Indonesia di sampulnya untuk pertama kali adalah buku Universiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.) menggunakan lambang Universitas Indonesia untuk pertama kali seperti yang dibuat oleh Sumaxtono (tanpa bingkai segilima).
Secara umum, Makara Universitas Indonesia berwarna kuning, sedangkan setiap fakultas di UI memiliki warna Makara/panji yang berbeda-beda, yaitu:
  • Hijau untuk Fakultas Kedokteran
  • Hijau - putih untuk Fakultas Kedokteran Gigi
  • Biru - hitam untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Biru untuk Fakultas Teknik
  • Merah untuk Fakultas Hukum
  • Abu-abu untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Putih untuk Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  • Biru Muda untuk Fakultas Psikologi
  • Jingga untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Merah - Ungu untuk Fakultas Ilmu Administrasi
  • Ungu untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Biru - merah untuk Fakultas Ilmu Komputer
  • Biru muda - biru - biru muda untuk Fakultas Ilmu Keperawatan
  • Biru - hijau untuk Fakultas Farmasi
  • Cokelat untuk Program Pascasarjana
  • Hijau - jingga -biru untuk Program Vokasi (DIII)
Sumber dari Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Permohonan Penutupan Rekening Bank BRI

Jika rekening bank akan ditutup terlebih dahulu kita mengajukan Surat Permohonan Penutupan Rekening , yang di tanda tangani oleh pemohon. Disini kami berikan contoh Surat Permohonan Penutupan Rekening Bank BRI, kalau yang mengajukan atas nama perusahaan harus memakai kop surat perusahaan dan untuk perorangan cukup dengan kertas biasa saja. Untuk contoh bisa di lihat pada gambar di bawah.






Icon Untuk Membuat Denah Lokasi Undangan

Icon Untuk Membuat Denah Lokasi Undangan - Untuk membuat denah lokasi acara pesta perkawinan untuk memudahkan para undangan menemukan lokasinya perlu menambahkan icon gedung, pertokoan, pom bensin, jembatan, masjid dan lain-lainya. Berikut Icon yang diperlukan untuk denah.





























Itulah Icon untuk membuat denah lokasi undangan.
Contoh Denah  :
DenahMesjid Agung Sunda KelapaDenahHotel Kharisma Jakarta Selatan

Desain Majalah Tugas Sekolah Contoh Layout Majalah Kuliner Menyusun Majalah Cetak Majalah

TUGAS KAMPUS "MEMBUAT MAJALAH KULINER"
Bagi kamu yang ingin mempublikasikan hasil karya dalam bentuk Majalah sebelum majalah tersebut di cetak terlebih dahulu di Layout dengan sebagus mungkin. Berikut ini merupakan Contoh Layout majalah yang bertemakan tentang makanan.
Tanpa cerita begitu panjang langsung aja ke gambar layout Majalah Kuliner yang terdiri dari 52 halaman ukuran 21 x 29,7 (A4)  mulai dari cover depan, Isi,  sampai cover belakang.

Cover depan berisikan Tanggal Penerbitan , Edisi, Judul dan Berita Utama yang tercakup dalam majalah.
Halaman dibelakang cover










Copyright © Audyfa Printing . All rights reserved.